Sekilas Kisah Pantai Lon Malang Hingga Menjadi Wisata Andalan Madura

Penulis: Varies Reza Malik Editor: Iqbal Raisnawan

Must Read
spot_img

Momen Hari Raya Idul Fitri Pantai Lon Malang Dikunjungi Ribuan Wisatawan. (Foto: Varies)

Trankonmasinews.com, SAMPANG – Sekilas kisah Pantai Lon Malang yang saat ini menjadi wisata andalan di Pulau Madura.

Wisata Pantai Lon Malang sendiri terletak di Desa Bira Tengah, Kecamatan Sokobanah, Kabupaten Sampang, Senin (15/04/2024).

Pantai Lon Malang awalnya hanya pantai biasa dan kumuh. Namun, oleh Pemerintah Desa Bira Tengah disulap menjadi wisata seperti pantai di Pulau Dewata Bali.

Pada tahun 2016 Martuli sang kepala desa bersama Mastuki, ketua BumDes Mitra Mandiri bersama pemuda Desa Bira Tengah bahu membahu menyulap Pantai Lon Malang.

Martuli selaku Kepala Desa Bira Tengah sempat menjual sepeda motornya untuk mendirikan toilet di wisata Pantai Lon Malang.

“Untuk mendirikan wisata Pantai Lon Malang ini, butuh perjuangan mas. Saya sampai jual sepeda motor untuk mendirikan toilet di lahan wisata,” kata Martuli saat ditemui oleh media ini.

Berjalan hampir delapan tahun kini Pantai Lon Malang sangat diminati kaula muda apalagi momen Hari Raya Idul Fitri wisata Lon Malang dikunjungi ribuan wisatawan baik dari Pulau Madura dan juga wisatawan dari luar Pulau Madura.

Mastuki, Owner Pantai Lon Malang menjelaskan kepada media ini. Bahwa pada momen Hari Raya Idul Fitri, pantai yang ia kelola dikunjungi ribuan wisatawan.

“Kalau momen Hari Raya Idul Fitri seperti ini mas. Dikunjungi ribuan wisatawan, ada yang dari Madura dan juga dari luar Madura. Seperti, Surabaya dan Sidoarjo,” tutur Mastuki.

Mastuki mengatakan bahwa pihaknya setiap tahunnya selalu menyetor restribusi sebesar 25 juta ke Pemerintah Kabupaten Sampang melalui Disporabudpar. Sisa pendapatan wisata itu adalah Pendapatan Asli Desa (PaDes)

Mastuki juga bercerita bahwa ada sekitar 39 pemuda yang bekerja aktif di Pantai Lon Malang. Serta ada sekitar 183 warga Desa Bira Tengah berjualan di sekitar Pantai Lon Malang.

“Alhamdulillah mas wisata Pantai Lon Malang sangat bermanfaat buat warga Bira Tengah, yang awalnya tidak memiliki pekerjaan sekarang bisa mempunyai pekerjaan,” cerita Mastuki sambil tersenyum.

Pantai Lon Malang sendiri mematok karcis masuk di hari libur sebesar 10 ribu rupiah. Sedangkan kalau hari biasa tarifnya sebesar lima ribu rupiah untuk anak-anak dan dewasa sebesar delapan ribu rupiah.

Terakhir Mastuki menyampaikan terimakasih kepada masyarakat Bira Tengah dan juga para wisatawan yang telah mendukung dan ikut menjaga kondusifitas di Pantai Lon Malang.

“Terimakasih kepada warga setempat dan juga para wisatawan. Karena telah mendukung dan ikut menjaga kondusifitas di Pantai Lon Malang, semoga wisata Pantai Lon Malang kedepan tambah berkembang dan diminati warga Madura,” tukasnya.

Perlu diketahui di Pantai Lon Malang juga tersedia berbagai macam kuliner dan juga tersedia souvenir berlambangkan Pantai Lon Malang. Ada juga berbagai macam permainan anak-anak dan permainan dewasa seperti speed boat, perahu kanu, dan juga naik kuda.

Jika kalian ingin berkunjung ke Pantai Lon Malang silahkan datang langsung ke Desa Bira Tengah, Kecamatan Sokobanah, Kabupaten Sampang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
Latest News

Tender Proyek Tambelangan Banyuates Senilai 67 Miliar, Dimenangkan PT Cahaya Indah Asal Lamongan

Screnn Shot LPSE Kementerian PUPR. (Foto: Redaksi) Trankonmasinews.com, SAMPANG - Tender proyek Preservasi Jalan Tambelangan Banyuates dengan pagu anggaran sebesar...
- Advertisement -spot_img

HotNews

Tender Proyek Tambelangan Banyuates Senilai 67 Miliar, Dimenangkan PT Cahaya Indah Asal Lamongan

Screnn Shot LPSE Kementerian PUPR. (Foto: Redaksi) Trankonmasinews.com, SAMPANG - Tender proyek Preservasi Jalan Tambelangan Banyuates dengan pagu anggaran sebesar 67 miliar, berdasarkan pengumuman di...

Kekayaan Aisah Komisioner KPU Sampang Tembus Satu Miliar, Kalahkan Kekayaan Addy Imansyah

Siti Aisah, Komisioner KPU Sampang Periode 2019-2024. (Foto: Redaksi) Trankonmasinews.com, SAMPANG - Siti Aisah komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sampang yang baru menjabat satu periode...

Aniaya LSM, Adik Mantan Kades Anggersek Sampang Ditangkap Polisi

Ilustrasi Penangkapan Adik Mantan Kades Anggersek, Camplong, Sampang. (Foto: Redaksi) Trankonmasinews.com, SAMPANG - Polisi dengan cepat menangkap terduga pelaku penganiyaan terhadap LSM Komando HAM yang...

Tak Diperhatikan Pemkab Sampang, PJS Beri Bantuan Makanan ke Hutan Kera Nepa

Wartawan Yang Tergabung di Asosiasi Persatuan Jurnalis Sampang Memberi Makan Monyet Yang Sedang Kelaparan di Hutan Kera Nepa. (Foto: Varies) Trankonmasinews.com, SAMPANG - Tidak mendapat...

LPSE Kementrian PUPR Rahasiakan Pemenang Lelang Jalan Kedungdung Bringkoning Bernilai 24 Miliar

Nama-Nama Penyedia Jasa Yang Melakukan Penawaran di Paket Jalan Daerah Kedungdung - Bringkoning, Sampang, Madura. (Foto: Screenshot LPSE Kementrian PUPR) Trankonmasinews.com, SAMPANG - LPSE Kementrian...

Polisi: Dugaan Sanjipak Oleh Slamet Junaidi Belum Dicabut, Informasinya Terlapor Kembalikan Sejumlah Uang

Ilustrasi Pengembalian Sejumlah Dana Oleh Slamet Junaidi ke H Toha. (Bye: Redaksi) Trankonmasinews.com, SAMPANG - Tersiar kabar di media online bahwa laporan dugaan sanjipak atau...

Dugaan Sanjipak Oleh Slamet Junaidi Eks Bupati Sampang, Polisi Panggil Beberapa Saksi

Foto Ilustrasi Sanjilpak Atau Penipuan. (Bye: Redaksi) Trankonmasinews.com, SAMPANG - Dugaan sanjipak alias penipuan berjumlah satu miliar rupiah disinyalir dilakukan oleh eks Bupati Sampang, H...

Pengumuman Pemenang Lelang Jalan Tambelangan Banyuates Senilai 67 Miliar Ditunda

Screnn Shot LPSE Kementrian PUPR. (Bye: Redaksi) Trankonmasinews.com, SAMPANG - Pengumuman pemenang Preservasi Jalan Tambelangan - Banyuates dengan nilai anggaran 67 miliar berdasarkan LPSE Kementrian...

Tender Proyek Tambelangan Banyuates Senilai 67 Miliar, Dimenangkan PT Cahaya Indah...

Screnn Shot LPSE Kementerian PUPR. (Foto: Redaksi) Trankonmasinews.com, SAMPANG - Tender proyek Preservasi Jalan Tambelangan Banyuates dengan pagu anggaran sebesar 67 miliar, berdasarkan pengumuman di...

More Articles Like This