Hubungan Diplomatik India Dan Kanada Terganggu

Must Read
spot_img
Hubungan diplomatik India dengan Kanada, mengalami perselisihan beberapa hari yang lalu, (20/9/2023).

Hubungan diplomatik India, dengan Kanada kian memanas. PM India Narendra Modi melarang warganya, agar tidak melakukan perjalanan ke wilayah Kanada.

Hubungan diplomatik India dan Kanada, yang merupakan serangkaian terbaru” dalam pertikaian, yang terjadi rangkaian atas tuduhan dari New Delhi.

Hubungan
India mengenang Khalistan.

Larangan itu agar warga India perhatikan himbauan ini. Karena agar terhindar dari keterlibatan, dalam pembunuhan seorang separatis Sikh di dekat Vancouver.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau menuntut India menanggapi dengan sangat serius pengungkapan mengejutkan atas penyelidikan pembunuhan tersebut.

Dampak dari tindakan ini memicu pengusiran diplomatis, dan penolakan keras dari India.

Dia mengatakan bahwa setiap dugaan bahwa India berperan dalam pembunuhan Hardeep Singh Nijjar pada bulan Juni adalah “tidak masuk akal” .

Tanpa secara eksplisit merujuk pada perselisihan tersebut, Kementerian Luar Negeri India mengatakan pihaknya prihatin atas keselamatan warga negaranya di Kanada.

Ia menjelaskan karena “kejahatan rasial, dan kekerasan kriminal yang dibolehkan secara politik”.

“Ancaman khususnya menyasar diplomat India dan kelompok masyarakat India yang menentang agenda anti-India,” kata sebuah pernyataan dari kementerian.

Oleh karena itu, warga negara India disarankan untuk menghindari bepergian ke wilayah dan tempat-tempat potensial di Kanada yang pernah mengalami insiden serupa.

Peringatan tersebut tidak menyebutkan kota atau lokasi tertentu yang harus dihindari oleh warga India.

Nijjar ditembak mati oleh dua penyerang bertopeng di luar kuil Sikh yang dia pimpin di Surrey, pinggiran luar Vancouver.

Seorang aktivis pembentukan negara Sikh yang dikenal sebagai Khalistan, Nijjar dicari oleh pihak berwenang India karena dugaan terorisme dan konspirasi untuk melakukan pembunuhan.

Dia membantah tuduhan tersebut, menurut Organisasi Sikh Dunia Kanada, sebuah organisasi nirlaba yang menyatakan membela kepentingan Sikh Kanada.

Pemerintah India menuduh Ottawa menutup mata terhadap aktivitas kelompok nasionalis Sikh radikal yang menganjurkan pembentukan negara Sikh merdeka yang akan dibentuk di India utara.

Hubungan antara Kanada dan India tegang, dalam beberapa bulan terakhir ini. Sejak pembunuhan pemimpin Sikh dan demonstrasi yang terjadi setelahnya di Kanada.

Pemerintah India menuduh Ottawa menutup mata, terhadap aktivitas kelompok nasionalis Sikh pemimpin radikal.

Yang menganjurkan pembentukan, negara Sikh merdeka yang akan dibentuk di India utara.

Hubungan antara Kanada dan India tegang dalam beberapa bulan terakhir sejak pembunuhan pemimpin Sikh dan demonstrasi yang terjadi setelahnya di Kanada.

Trudeau, yang bertemu dengan Modi di sela-sela pertemuan G20 bulan ini di New Delhi.

Ia mengatakan pada hari Selasa bahwa, ia berharap India mempertimbangkan dengan baik tuduhan pembunuhan Nijjar.

“India perlu menangani masalah ini dengan sangat serius,” katanya. “Kami melakukan hal itu, kami tidak ingin memprovokasi atau meningkatkan ketegangan.”

Amerika Serikat telah bergabung dengan Kanada dalam menyerukan India untuk mengungkapkan apa yang mereka ketahui tentang pembunuhan tersebut.

Kami sangat prihatin dengan tuduhan yang dirujuk oleh Perdana Menteri Trudeau,” kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional Adrienne Watson dalam sebuah pernyataan.

“Sangat penting bagi Kanada untuk melanjutkan penyelidikan dan membawa pelakunya ke pengadilan.

Perwakilan Organisasi Sikh Dunia Kanada, Mukhbir Singh, mengatakan warga negaranya mungkin “terkejut” dengan pernyataan Trudeau “tetapi hal itu tidak mengejutkan komunitas Sikh”.

“Selama beberapa dekade, India telah menargetkan kaum Sikh di Kanada dengan spionase, disinformasi, dan sekarang pembunuhan,” katanya.

Balraj Singh Nijjar, putra pemimpin yang dibunuh tersebut, berkata: “Ini hanya masalah waktu kapan kebenaran akan terungkap.”

Dia menambahkan, merujuk pada otoritas pemerintah: “Mudah-mudahan, Anda dapat mengambil langkah lebih jauh dan mendapatkan individu tertentu.

Ketua Partai Demokrat Baru Kanada, Jagmeet Singh, yang merupakan sekutu Trudeau, menyerukan agar India dimasukkan dalam penyelidikan.

Pesan ini yang diluncurkan, pada bulan September. Atas dugaan campur tangan negara lain, dalam urusan Kanada, terutama Tiongkok.

“Menurut pengalaman saya, sebagai seorang Sikh Kanada, selalu ada kecurigaan bahwa India mencampuri hak-hak demokrasi warga Kanada.

Pengumuman kemarin menegaskan bahwa kecurigaan ini benar,” kata Singh.

Ada tanda-tanda krisis yang terjadi, sebelum Justin Trudeau mengungkapkan penyelidikan atas kematian Nijjar pada hari Senin.

Modi menyatakan “keprihatinan yang kuat mengenai berlanjutnya aktivitas elemen ekstremis anti-India di Kanada” selama pertemuannya dengan Trudeau di G20.

Kanada juga telah menunda negosiasi perjanjian perdagangan bebas dengan India, dan pekan lalu menteri perdagangannya membatalkan perjalanan ke negara tersebut yang direncanakan pada bulan Oktober.

Perselingkuhan ini dapat memperumit tawaran pemerintah AS kepada India, yang membuat kedua negara terus meningkatkan hubungan mereka selama beberapa tahun terakhir.

Washington memandang New Delhi sebagai sekutu utama dalam melawan pengaruh Tiongkok di kawasan Indo-Pasifik. Dikutip dari CNA.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
Latest News

Tender Proyek Tambelangan Banyuates Senilai 67 Miliar, Dimenangkan PT Cahaya Indah Asal Lamongan

Screnn Shot LPSE Kementerian PUPR. (Foto: Redaksi) Trankonmasinews.com, SAMPANG - Tender proyek Preservasi Jalan Tambelangan Banyuates dengan pagu anggaran sebesar...
- Advertisement -spot_img

HotNews

Tender Proyek Tambelangan Banyuates Senilai 67 Miliar, Dimenangkan PT Cahaya Indah Asal Lamongan

Screnn Shot LPSE Kementerian PUPR. (Foto: Redaksi) Trankonmasinews.com, SAMPANG - Tender proyek Preservasi Jalan Tambelangan Banyuates dengan pagu anggaran sebesar 67 miliar, berdasarkan pengumuman di...

Kekayaan Aisah Komisioner KPU Sampang Tembus Satu Miliar, Kalahkan Kekayaan Addy Imansyah

Siti Aisah, Komisioner KPU Sampang Periode 2019-2024. (Foto: Redaksi) Trankonmasinews.com, SAMPANG - Siti Aisah komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sampang yang baru menjabat satu periode...

Aniaya LSM, Adik Mantan Kades Anggersek Sampang Ditangkap Polisi

Ilustrasi Penangkapan Adik Mantan Kades Anggersek, Camplong, Sampang. (Foto: Redaksi) Trankonmasinews.com, SAMPANG - Polisi dengan cepat menangkap terduga pelaku penganiyaan terhadap LSM Komando HAM yang...

Tak Diperhatikan Pemkab Sampang, PJS Beri Bantuan Makanan ke Hutan Kera Nepa

Wartawan Yang Tergabung di Asosiasi Persatuan Jurnalis Sampang Memberi Makan Monyet Yang Sedang Kelaparan di Hutan Kera Nepa. (Foto: Varies) Trankonmasinews.com, SAMPANG - Tidak mendapat...

LPSE Kementrian PUPR Rahasiakan Pemenang Lelang Jalan Kedungdung Bringkoning Bernilai 24 Miliar

Nama-Nama Penyedia Jasa Yang Melakukan Penawaran di Paket Jalan Daerah Kedungdung - Bringkoning, Sampang, Madura. (Foto: Screenshot LPSE Kementrian PUPR) Trankonmasinews.com, SAMPANG - LPSE Kementrian...

Polisi: Dugaan Sanjipak Oleh Slamet Junaidi Belum Dicabut, Informasinya Terlapor Kembalikan Sejumlah Uang

Ilustrasi Pengembalian Sejumlah Dana Oleh Slamet Junaidi ke H Toha. (Bye: Redaksi) Trankonmasinews.com, SAMPANG - Tersiar kabar di media online bahwa laporan dugaan sanjipak atau...

Dugaan Sanjipak Oleh Slamet Junaidi Eks Bupati Sampang, Polisi Panggil Beberapa Saksi

Foto Ilustrasi Sanjilpak Atau Penipuan. (Bye: Redaksi) Trankonmasinews.com, SAMPANG - Dugaan sanjipak alias penipuan berjumlah satu miliar rupiah disinyalir dilakukan oleh eks Bupati Sampang, H...

Pengumuman Pemenang Lelang Jalan Tambelangan Banyuates Senilai 67 Miliar Ditunda

Screnn Shot LPSE Kementrian PUPR. (Bye: Redaksi) Trankonmasinews.com, SAMPANG - Pengumuman pemenang Preservasi Jalan Tambelangan - Banyuates dengan nilai anggaran 67 miliar berdasarkan LPSE Kementrian...

Tender Proyek Tambelangan Banyuates Senilai 67 Miliar, Dimenangkan PT Cahaya Indah...

Screnn Shot LPSE Kementerian PUPR. (Foto: Redaksi) Trankonmasinews.com, SAMPANG - Tender proyek Preservasi Jalan Tambelangan Banyuates dengan pagu anggaran sebesar 67 miliar, berdasarkan pengumuman di...

More Articles Like This