Jelang Hari Kemerdekaan DPRD Sampang Gelar Rapat Paripurna Sekaligus Mendengarkan Pidato Presiden

Penulis: Varies Reza Malik Editor: Hilman Dani Aufar

Must Read
spot_img

Paripurna Yang Digelar Oleh DPRD Sampang Dihadiri Jajaran Forkopimda Sampang (Foto: Istimewa)

Laporan Jurnalis Trankonmasinews.com, Varies Reza Malik

Trankonmasinews.com, SAMPANG – Menjelang hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang 78. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sampang, menggelar rapat paripurna. Tepatnya di ruang graha paripurna di Jalan Wijaya Kusuma, Kelurahan Gunung Sekar, Kecamatan Sampang, Rabu (16/08/2023).

Rapat paripurna yang digelar oleh DPRD Sampang sekaligus mendengarkan pidato kenegaraan Presiden RI dalam rangka penyampaian laporan kinerja lembaga lembaga negara dan pidato kenegaraan RI dalam rangka HUT ke 78 kemerdekaan RI dan penyampaian Rancangan Undang-Undang (RUU) Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Tahun 2024.

Hadir dalam acara yang dilaksanakan di Graha Paripurna DPRD Sampang, Bupati Sampang H Slamet Junaidi, Wakil Bupati H Abdullah Hidayat, Ketua DPRD Fadol, Wakil Ketua I Amin Arif Tirtana dan Wakil Ketua II Rudi Kurniawan, serta beberapa anggota DPRD Sampang, anggota Forkopimda, Camat dan Kepala OPD.

Pidato Kenegaraan Presiden Ir. Joko Widodo dalam rangka peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI dilaksanakan secara virtual di ruang Graha Paripurna DPRD.

Dalam pidato kenegaraannya Presiden RI Ir. Joko Widodo menyampaikan bahwa saat ini adalah masuk tahun politik, suasana sedang hangat hangat kuku dan sedang tren dikalangan politisi dan parpol.

Tentang isu politik, Jokowi menegaskan penetapan capres dan cawapres bukan wewenang dirinya, tapi wewenang ketum parpol dan partai koalisi.

DPRD Sampang Gelar Rapat Paripurna Kesepakatan KUPA dan PPAS

Saat membacakan pidato kenegaraan, ada pesan penting yang di sampaikan oleh Presiden RI ini yakni komitmen pemerintah mewujudkan indonesia emas di tahun 2045. Dan untuk menjadikan indonesia menjadi lima (5) besar kekuatan ekonomi dunia.

“Kita punya kesempatan besar dan tidak hanya peluangnya saja. Tapi strategi meraih sudah ada, sudah dirumuskan. Tinggal apakah kita mau memfokuskan energi kita untuk bergerak maju atau justru membuang energi kita untuk hal-hal yang tidak produktif, yang memecah belah. Bahkan yang membuat kita melangkah mundur,” ujar Presiden Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga menyampaikan mengenai hilirisasi komoditas nikel yang kini berkembang pesat. Menurutnya, perkembangan ini terjadi setelah pemerintah menyetop ekspor nikel ore sejak 2020. Penyetopan ekspor ini disebut berdampak terhadap penumbuhan investasi hilirisasi dengan adanya 43 pabrik pengolahan nikel.

Ketua DPRD Sampang Fadol saat diwawancarai awak media usai acara mengatakan bahwa rapat paripurna kali ini merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT kemerdekaan RI. Meskipun, tidak diikuti oleh semua anggota DPRD namun kegiatan berjalan sukses dan lancar.

“Banyak pesan penting yang disampaikan bapak Presiden dalam pidato kenegaraannya tadi. Salah satunya, yaitu semangat optimisme bahwa kedepan Indonesia akan menjadi negara maju dan berpeluang besar meraih posisi lima besar kekuatan ekonomi dunia,” ujar Fadol.

Sementara itu, Bupati Sampang H Slamet Junaidi mengatakan bahwa paripurna mendengarkan pidato kenegaraan merupakan agenda tahun yang wajib di ikuti.

“Kita wajib mendengarkan pidato presiden karena banyak hal yang kita simak termasuk bagaimana indonesia kedepan,” tuturnya.

Lebih lanjut, Bupati Sampang memaparkan bahwa apa yang disampaikan Presiden Joko Widodo terkait International Trust yang dimiliki Indonesia saat ini, dimana itu bisa dibangun bukan hanya sekedar gimik dan retorika semata, namun melalui sebuah peran dan bukti nyata keberanian Indonesia dalam bersikap.

“Tadi dalam pidatonya bapak Presiden juga menyinggung soal suhu politik di pusat yang saat ini sedang hangat-hangat kuku. Tapi, kalau suhu politik di Kabupaten Sampang masih aman dan kondusif,” pungkasnya. (Ries)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
Latest News

Perilisan Wuthering Waves Telah Diungkap oleh Kuro Games

TRANKONMASINEWS Jadwal Rilis Wuthering Waves – Setelah penantian panjang, sebentar lagi beberapa kalangan Gamer bisa memainkan game terbaru buatan developer Kuro...
- Advertisement -spot_img

HotNews

Perilisan Wuthering Waves Telah Diungkap oleh Kuro Games

TRANKONMASINEWS Jadwal Rilis Wuthering Waves – Setelah penantian panjang, sebentar lagi beberapa kalangan Gamer bisa memainkan game terbaru buatan developer Kuro Games, yaitu Wuthering Waves. Itu karena...
LSP

LSP ABI dan BNSP Sukses Laksanakan Upgrading Training & RCC

TRANKONMASINEWS -Badan Nasional Sertifikasi Kompetensi BNSP kembali melaksanakan Upgrading Training dan Recognition Current Competency untuk assessor competency. Kali ini Lembaga Sertifikasi Profesi Alat Berat Indonesia...

Acong Latif: Kasus Film Porno Artis Ftv Chacha Novita Seharusnya Tak Ditahan Kejaksaan

Chaca Novita Artis FTV (Bermasker dan Berbaju Corak Loreng) Didampingi Pengacaranya Acong Latif. (Foto: Istimewa) Trankonmasinews.com, JAKARTA - Acong Latif pengacara artis Ftv, Cha Cha...

Gubernur Akmil Tinjau OJT Taruna Tingkat III/Sermadatar

TRANKONMASINEWS - Cilodong, 17 Mei 2024 - Gubernur Akmil (Akademi Militer) , Mayjen TNI R. Sidharta Wisnu Graha, S.E., bersama Kepala Staf Divisi Infanteri (Kasdivif)...

Dugaan Sanjipak Oleh Eks Bupati Sampang Slamet Junaidi Masih On Progres, Ini Pernyataan Polisi...

Mantan Bupati Sampang, H Slamet Junaidi. (Foto: Varies) Trankonmasinews.com, SAMPANG - Dugaan kasus sanjipak atau penipuan uang sebesar satu miliar yang disinyalir dilakukan oleh mantan...

Tender Proyek Tambelangan Banyuates Senilai 67 Miliar, Dimenangkan PT Cahaya Indah Asal Lamongan

Screnn Shot LPSE Kementerian PUPR. (Foto: Redaksi) Trankonmasinews.com, SAMPANG - Tender proyek Preservasi Jalan Tambelangan Banyuates dengan pagu anggaran sebesar 67 miliar, berdasarkan pengumuman di...

Kekayaan Aisah Komisioner KPU Sampang Tembus Satu Miliar, Kalahkan Kekayaan Addy Imansyah

Siti Aisah, Komisioner KPU Sampang Periode 2019-2024. (Foto: Redaksi) Trankonmasinews.com, SAMPANG - Siti Aisah komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sampang yang baru menjabat satu periode...

Aniaya LSM, Adik Mantan Kades Anggersek Sampang Ditangkap Polisi

Ilustrasi Penangkapan Adik Mantan Kades Anggersek, Camplong, Sampang. (Foto: Redaksi) Trankonmasinews.com, SAMPANG - Polisi dengan cepat menangkap terduga pelaku penganiyaan terhadap LSM Komando HAM yang...

Perilisan Wuthering Waves Telah Diungkap oleh Kuro Games

TRANKONMASINEWS Jadwal Rilis Wuthering Waves – Setelah penantian panjang, sebentar lagi beberapa kalangan Gamer bisa memainkan game terbaru buatan developer Kuro Games, yaitu Wuthering Waves. Itu karena...

More Articles Like This